Selasa, 22 Oktober 2013

slip kapal

Slip baling-balin ada dua macam
1)      Slip semu
2)      Slip nyata (sesungguhya )
Baling-baling mempunyai kisar ( PITCH). Dimana diumpamakan sebuah mur bergerak pada ulirnya. Bila kisar kita umpamakan H meter; maka pada satu putaran kapal akan bergerak sejauh H meter.
Jika putaran baling2 n x tiap menit ; maka jarak yang ditempuh  = n x H  dalam satu menit, dalam 1 jam (60 menit),maka kapal akan bergerak sejauh : n x H x 60 meter.
Kapal bergerak disebabkan oleh pusaran air yang terjadi kita yang kita sebut aksi, kemudian dengan adanya aksi maka ada reaksi, yang arahnya berlawanan. Reaksi air ini diteruskan melalui sumbu poros baling-baling dan ditampung oleh block pendorong atas MICHEL BLOCK dimana MICHEL BLOCK diikatkan kepondasi kapal (badan kapal) dengan demikian kapal dapat bergerak Maju dan Mundur.
Pemindahan kapal oleh baling-baling (propeler) dan pemindahan kapal, sesungguhnya karena menyadari kekuatan reaksi terjadi perbedaan atau kadang2 sama, dimana ini disebut SLIP dari baling-baling.
Kita ketahui :
            1 mil laut (nautical mil) = 1852 m.
            1 knot                             = 1 mil/ jam
            Kecepatan 20 knots       = 20 mil/ jam
Jika kecepatan kapal = V mil/jam, berati tiap jam jarak yang ditempuh adalah V x 1852 m. Ini secara teoritis, bila tidak ada arus dan tahanan lain, perbedaan jarak yang ditempuh oleh baling-baling dan kapal itu sendiri kita sebut SLIP SEMU.
            V baling-balin             = n x H x 60 m /jam
            V kapal                        = V (hasil baling-baling) x 1852 mil/jam
Slip diketahui dalam persen (%). Hasilnya bisa positif dan bisa juga negatif.
Dikapal kita selalu menghitung slip nyata (sesungguhnya), dimana  kita telah mengetahui berapa kisaran baling-baling dan berapa pula hasil jarak yang ditempuh kapal secara NAVIGASI. Misalnya baringan ataupun secara duga. Jadi faktor arus dan lainnya tidak perlu dicarai lagi.
            Slip = V baling-baling – V kapal sesunggunya        X  100%
                                    V balin-baling
            Slip =  Jarak yang ditempuh baling-baling – jarak yang ditempuh kapal       X 100%
                                                Jarak yang ditempuh baling-baling

Tidak ada komentar:

Posting Komentar